Workshop Penguatan LSP P1 SMK Se- Kaltim 2024

Disdikbud Kalimantan Timur, melalui Bagian SMK, menyelenggarakan Workshop Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 SMK di Hotel Grand Mustika Balikpapan pada 11-13 Februari 2024.

Kepala Bidang SMK, Surasa, mewakili Kepala Disdikbud Kaltim, secara resmi membuka acara tersebut. Dia menegaskan perlunya penguatan bagi pengurus LSP agar pelatihan dan pendidikan dapat terlaksana dengan baik, mengingat ada agenda besar yang akan dijalani dari Februari hingga Mei ini.

Provinsi Kalimantan Timur, melalui Bagian SMK, membiayai Sertifikasi Siswa SMK Negeri maupun Swasta yang akan lulus, untuk mengikuti uji Sertifikasi Kompetensi (USK) di 29 LSP P1 yang sudah terlisensi. Surasa menekankan pentingnya pemahaman bahwa gelar tidak lagi menjamin kompetensi, lulusan tidak menjamin kesiapan bekerja, akreditasi tidak menjamin mutu, dan kehadiran di kelas tidak menjamin pembelajaran, sesuai dengan ucapan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

Dia menyampaikan bahwa selama beberapa tahun terakhir, Kaltim telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam jumlah LSP di sekolah. Dari 15 LSP pada Desember 2022, angkanya meningkat menjadi 29 LSP pada Desember 2023 hingga saat ini.

Ketua panitia dari Sarana dan Prasarana Bidang SMK, Bambang Hadiyanto, menyatakan harapannya bahwa melalui kegiatan ini, akan terbentuk jejaring sekolah yang akan digunakan pada tahun 2024, sehingga jadwal pelaksanaan sertifikasi peserta didik dan pemetaan asesor dapat tersusun dengan baik.

Terdapat tiga narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Staf Ahli Gubernur Kaltim, Diddy Rusdiansyah, BNSP Pusat Suci, dan Ketua Forum LSP P1 SMK Kaltim, Hendra Yuni Irawan.

sumber: https://web.disdikbud.kaltimprov.go.id/berita/detail/disdikbud-kaltim-gelar-workshop-penguatan-lsp-p1-smk-se-kaltim-2uGyQ

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard