SMA Negeri 1 Kota Bangun, Sekolah Pelopor di Ulu Mahakam

Memasuki tahun pelajaran 2016/2017 SMA Negeri 1 Kota Bangun kembali disibukkan dengan aktifitas penerimaan Siswa baru. Mulai berpromosi sebagai sekolah berkualitas sejak bulan Mei lalu, SMA yang terletak di ulu Mahakam ini

Kepala SMA 1 Kota Bangun bersama Dewan Guru dan Staff TU

menutupnya dengan kegiatan perkemahan. Sekolah ini merupakan sekolah pertama dan satu-satunya yang melakukan proses PPDB secara online di ulu Mahakam, juga merupakan satu-satunya sekolah yang bekerjasama dengan BNN Provinsi Kalimantan timur dan melakukan tes urine bagi calon siswa baru di ulu mahakam. SMA 1 Kota Bangun juga satu-satunya sekolah di ulu Mahakam yang berpredikat sebagai Sekolah Rujukan Nasional. Ini berarti merupakan tanggung jawab besar para civitas akademik di dalamnya. Pada pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Rabu 20 Juli 2016, Kepala SMA Negeri 1 Kota Bangun, Bapak Fadli Yulizannur, M. App. Ling menyebutkan bahwa sekolah ini sebagai sekolah pelopor di daerah ulu mahakam. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan lebih aktif daripada sekolah lain. Beliau juga menyebutkan bahwa kegiatan MPLS yang dilakukan lebih cepat dari sekolah lain ini merupakan salah satu bukti bahwa sekolah ini pantas menyandang status Sekolah Rujukan Nasional. Selain itu, Beliau memaparkan dalam kegiatan MPLS ini sangat dilarang adanya tindakan perpeloncoan dan tindakan kekerasan lainnya sehingga pelaksana maupun yang memberikan materi haruslah dari guru bukan dari siswa maupun OSIS. Di akhir sambutannya Beliau mengajak seluruh civitas akademik di SMA Negeri 1 Kota Bangun turut berperan aktif dalam Lomba Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, tak tanggung-tanggung targetnya adalah Juara 1. Bukan mustahil, sebab sekolah ini memiliki potensi besar untuk menyabetnya setelah 2 tahun berturut-turut menduduki juara 2.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA Negeri 1 Kota Bangun dilaksanakan selama 4 hari sejak hari Rabu 20 Juli 2016 hingga Sabtu 23 Juli 2016. Pada hari pertama para siswa baru disuguhi materi tentang lingkungan sekolah atau wawasan wiyatamandala. Selain itu para siswa baru disampaikan tentang tata tertib yang berlaku. Selain itu para siswa baru juga diajari melaksanakan upacara bendera yang benar. Sebagai salah satu langkah pembentukan karakter siswa, materi Penataran P4 pun tak luput disampaikan, bahkan dalam meningkatkan kualitas sekolah, materi Kurikulum 2013 pun turut disampaikan. Respon positif para siswa baru terhadap sekolah ini pun semakin nampak ketika kegiatan Perkemahan Kepramukaan sebagai penutup rangkaian MPLS tahun ini digelar. SMA Negeri 1 Kota Bangun memberikan kesiapan mental kepada siswa baru dalam mengahadapi tahun pelarjaran 2016/2017 selain juga menyiapkan berbagai fasilitas fisik yang memadai.

Dalam kegiatan perkemahan kepramukaan ini terdiri dari dua Gugus Depan yaitu Gudep Ki Hajar Dewantara dan Gudep R.A Kartini. Perkemahan ini diikuti oleh 32 sangga/ tenda, 18 sangga putri dan 14 sangga Putra. Setiap sangganya teridiri dari kelas X , XI dan XII. Pembina pramuka SMA Negeri 1 Kota Bangun, Bapak MT. Sahiruddin, S.Pd menyebutkan bahwa kegiatan ini memutus batas halus antara siswa ‘junior’ dan ‘senior’, sehingga baik siswa baru maupun siswa lama bisa bekerja sama dengan baik, bahkan berteman selayaknya sudah lama kenal.

Kerjasama Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Kota Bangun

 

Kerjasama Guru dan Siswa membangun tenda

 

Persiapan Api unggun

 

Penutupan Kegiatan MPLS diwarnai dengan pembagian kelas untuk siswa baru. Nampak wajah cemas menghampiri wajah para siswa baru. Tersirat di wajah mereka sebuah pertanyaan besar, Di kelas Manakah saya Berada ?. Bapak Pahrijal, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan yang menutup Kegiatan MPLS berpesan, bahwa awal yang baik juga harus diikuti dengan perilaku yang baik pula di kemudian hari. Beliau jugalah yang mengumumkan kelas-kelas para siswa baru.

Pada akhirnya SMA Negeri 1 Kota Bangun berhasil menjalankan semua tugasnya dengan baik dalam menyambut para siswa baru. Ini berkat rahmat dan kuasa dari Allah SWT, sehingga seluruh warga sekolah diberikan kesehatan dan kesanggupan dalam menjalankannya. Next, SMA Negeri 1 Kota Bangun menyongsong Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten, SMANSA KOBA menyongsong masa depan cerah, karena SMA Negeri 1 Kota Bangun, BISA !!!

(Disadur dari blog guru SMA Negeri 1 Kota Bangun, Sumber: http://abdulganibahtiar.blogspot.co.id/2016/07/sma-negeri-1-kota-bangun-sekolah.html)

About Borneo Cerdas 28 Articles
Website seputar pendidikan di Kalimantan Timur